Kopi Robusta, Kopi Robinson, Kopi Bariyah

kopi robusta adalah kopi robinson yang mempunyai ciri khas beda dengan kopi lainya, selain bentuknya yang lonjong serta pohonya lebih besar dan lebih kuat dari pada pohon kopi biasa, dulu waktu saya kecil sering memanenya dan sampai saat ini masih juga, tanaman itu menghiasi samping rumah saya dan sangat menyenangkan apabila melihatnya surah merah merah.
inilah tanaman kopi samping rumahku yang setiap panen buat ngopi sendiri walaupun beberapa pohon tetap banyak hasilnya, dengan model daunya yang lebar pohon kopi robusta ini memiliki gagang yang kuat dan umurnya lebih panjang dari kopi biasa.

  kopi bariah memiliki gagang yang sangat panjang dan tidak mudah patah, dengan panjang kopi kisaran 3cm sangat mudah di budidaya karena mudah hidup di berbagai tanah yg kurang baguspun bisa hidup apalagi di pupuk rabuk pasti hasil lbih memuaskan.


Jika saudara ingin melihat kopi bariah atau kopi Robusta bisa datang langsung ke kampung halaman kami sumatra barat gratiss sambil jalan jalan, semoga artikel ini bermanfaat.


1 comments:

comen

Balas